Jumat, 18 Februari 2011

Bank soal


BANK SOAL
MATERI KULIAH PARIWISATA
Disusun oleh
SYAMSUL BAHRI, SE
(Dosen Ekonomi Pariwisata dan Manajemen Pariwisata)
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Sakti Alam Kerinci
 (STIE-SAK)








Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Sakti Alam Kerinci
 (STIE-SAK)
(Dipergunakan untuk lingkungan STIE-SAK)

Sungai Penuh, Januari 2011

BANK SOAL
I.      (ESSAY TEST)
Jawablah pertanyaan dibawah ini, dengan singkat dan tepat !!!!
  1. Dalam Pariwisata, fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan antara lain fungsi perencanaan pariwisata dalam bentuk kegiatan Marketting research, situational analysis, market target, tourism promotion, pemberdayaan masyarakat dan swasta dll
  2. Coba kamu jelaskan pengaruh pariwisata terhadap ekonomi yang berkaitan dengan Kesempatan kerja dan memperkecil penggangguran !!!
  3. Dalam Usaha pariwisata, coba kamu jelaskan yang dimaksud dengan
a.      Jasa Biro Perjalanan Wisata
b.     Jasa Agen Perjalanan Wisata
c.      Jasa Pramuwisata
  1. Coba kamu jelaskan dan perbedaan pengertian Wisata dan rekreasi
  2. Coba kamu jelaskan fungsi dan peranan Pemandu Wisata/pramuwisata
  3. Coba kamu jelaskan pengetian dan persyaratan seseorang/kelompok orang bisa dikatakan melakukan perjalanan wisata ???
  4. Coba kamu jelaskan perubahan pola konsumsi Pariwisata (consumers-behaviour pattern) saat ini
  5. Sesorang melakukan kegiatan wisata dipengaruhi oleh motivasi, adapun motivasi dikelompokkan menjadi empat kelompok besar,  Coba kamu jelaskan yang dimaksud dengan 
a.      Physical or physiological motivation yaitu motivasi yang bersifat fisik atau fisologis
b.     Cultural Motivation yaitu keinginan untuk mengetahui budaya
c.      Social or interpersonal motivation yaitu motivasi yang bersifat social
d.     Fantasy Motivation
  1. Coba kamu jelaskan yang dimaksud dengan motivasi 5 P
  2. Motivasi  merupakan  satu  penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau menginginkan sesuatu tujuan yang hendak dicapai, coba kamu jelaskan motivasi tersebut dikaitkan dengan Pariwisata !!!
11. Dalam aspek penawaran pariwisata, tolong anda jelaskan yang dimaksud dengan aspek Attraction (daya tarik),
12. Dalam aspek penawaran pariwisata, tolong anda jelaskan yang dimaksud dengan aspek Accesable (bisa dicapai).
13. Dalam aspek penawaran pariwisata, tolong anda jelaskan yang dimaksud dengan aspek Fasilitas (Amenities).
14. Coba kamu jelaskan pengertian Permintaan (demand) dalam kepariwisataan !!!
15. Coba kamu jelaskan salah factor utama permintaan wisata adalah harga (price)
16. Coba kamu jelaskan salah factor utama permintaan wisata adalah Pendapatan (In come perkapita)
17. Coba kamu jelaskan salah factor utama permintaan wisata adalah Sosial Politik
18. Coba kami terangkan pengaruh musim dalam deman pariwisata !!!
19. Coba kami terangkan pengaruh keamanan dalam deman pariwisata !!!
20. Jelaskan yang dimaksud dengan kalimat ini ”Kaya uang, tetapi miskin waktu” atau time poor – money rich people dalam pariwisata
21. Coba kamu jelaskan pengaruh pariwisata terhadap ekonomi yang berkaitan dengan Kesempatan kerja dan memperkecil penggangguran !!!
22. Kegiatan Pariwisata, merupakan arus lalu lintas orang yang melakukan perjalanan wisata untuk mendapatkan kepuasan (kemakmuran lebih) akan memberikan pengaruh terhadap kebijikan – kebijakan  sebagai berikut (jelaskan yang dimaskud dengan)
a.      Kesempatan kerja dan memperkecil penggangguran
b.     Peningkatan penerimaan pajak dan retribusi  (Tax Revenue)
c.      Meningkatkan pendapatan Nasional (National Income)
d.     Memperkuat neraca pembayaran (Net Balance of Payment)
23. Coba kamu jelaskan pengaruh pariwisata terhadap ekonomi yang berkaitan dengan Kesempatan kerja dan memperkecil penggangguran !!!
  1. Dalam proses perencanaan Pariwisata, tolong kamu jelaskan yang dimaksud dengan sbb:
a.      Apa yang dilihat (something to see)
b.     Apa yang dilakukan (something to do)
c.      Apa yang akan dibeli (something to buy)
  1. Menurut Prof Salah Wahab, bahwa perencanaan itu melalui 3 tingkatan atau tahapan, dimana tahapan satu dengan yang lainnya tidak terpisahkan, tolong kamu jelaskan penghertian perencanaan  dibawah ini
a.      Where I am Now ?
b.     Where do I want to to be ?
c.       How do I get from where I am Now to where I want to be ?
  1. Dalam manajemen diperlukan alat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan yang dikienal dengan dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets, dalam manajemen pariwisata ODTWA termasuk alat dari unsur “Material”
  2. Tolong kamu jelaskan pengertian kalimat “Pembangunan pariwisata harus didasarkan pada kriteria keberlanjutan”
  3. Typologi pariwisata adalah allcentris, psycocentris dan Mid-centris, coba kamu jelaskan perbedaan Allocentris dan psycocentris
28. Coba kamu jelaskan dampak sosial budaya dari kegiatan pariwisata umum/masal (mass tourism)
29. Industri pariwisata saat sekarang haru berorientasi pada antara lain (jelaskan)
a.      ecologis Oriented
b.     community economic development oriented
c.      local culture friendly oriented
30. Tolong jelaskan pengertian kalimat ini  ”Pariwisata adalah industri terbesar di dunia”
31. Pariwisata merupakan industri yang tidak berpolusi, jelaskan pengertian kalimat tersebut
32. Wisata lingkungan atau ekowisata, lebih cenderung memiliki orientasi 5 P, dalam rangka kembali ke alam (back to nature), jelaskan pengertian kalimat tsb
33. Jelaskan pengertian kalimat ini “Pembangunan pariwisata harus didasarkan pada kriteria keberlanjutan”
34. Jelaskan pengertian salah satu pesona dalam Sapta Pesona yaitu  ”AMAN“, ”TERTIB”, ”INDAH”
35.   Pariwisata di kabupaten Kerinci/Kota Sungaipenuh belum memberikan makna dan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan daerah, coba kamu jelaskan alasannya
36.   Coba kamu jelaskan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan Pariwisata di kabupaten Kerinci dan Kota sungaipenuh
37.   Coba kamu jelaskan pengaruh pariwisata terhadap budaya lokal !!!
38.   Dalam  deman pariwisata dan suplay pariwisata, coba kamu jelaskan hubungan deman pariwisata dengan accessibilty terutama di Kerinci

II.   PERNYATAAN BETUL ATAU SALAH
Pilih dan beri tanda silang pada Huruf (B) jika pernyataan itu benar dan huruf (S) jika pernyataan dibawah ini salah
1.     B-S Strategi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata yang berbasis kerakyatan atau community-based tourism development
2.     B-S  Undang-undang RI No. 10 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan
3.     B-S  kegiatan usaha bersifat komersial yang mengatur, mengkoordinir dan menyediakan tenaga pramuwisata untuk memberikan pelayanan bagi seseorang atau kelompok orang yang melakukan perjalanan wisata disebut Jasa Pramu Wisata
4.     B-S  Dalam Pariwisata, fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan antara lain fungsi perencanaan pariwisata dalam bentuk kegiatan Marketting research, situational analysis, market target, tourism promotion, pemberdayaan masyarakat dan swasta dll
5.     B-S Usaha pemanfaatan sumber daya alam dan tata lingkungannya yang telah ditetapkan sebagai obyek dan daya tarik wisata untuk dijadikan sasaran wisata dinamakan Pengusahaan obyek dan daya tarik wisata alam
6.     B-S Community based Tourism Development (CBTD) adalah melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengembangan Pariwisarta
7.     B-S Motivasi  merupakan  satu  penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau menginginkan sesuatu tujuan yang hendak dicapai
8.     B-S Kebutuhan estetik adalah merujuk kepada kebutuhan manusia untuk memiliki dan memahami keindahan dan kecantikan dalam dirinya.  Salah satu untuk memiliki perasaan tersebut adalah dengan cara salah satu melalui berwisata, untuk mengembalikan kesegaran, kejenuhan, dan mengatahui hal-hal yang baru
9.     B-S Polusi membuat seseorang mengalami kegembiraan dan kwesejukan, dan menumbuh semangat kerja, sehingga untuk mengembalikan semangat dan motivasi kerja perlu diadakan suatu bentuk kegiatan yang dapat mengembalikan kondisi lebih baik yaitu dengan melakukan wisata
10.   B-S  Wisata berfokus hanya ingin santai dan menikmati sun-sea, sand, and sex, saat ini berubah menjadi pola konsumsi wisata yang lebih tinggi, meskipun tetap santai tetapi dengan selera yang lebih meningkat yakni menikmati produk atau kreasi budaya (culture) dan peninggalan sejarah (heritage) serta nature atau eko-wisata dari suatu daerah atau Negara
11.   B-S  Yang menjadi roh pariwisata Indonesia adalah culture dan heritage
12.   B-S  Sejumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual ke pasar, dengan harga tertentu dalam Pariwisata dinamakan Demand Pariwisata
13.   B-S  Hotel dan motel, lokasi perkemahan, rumah makan, rumah tinggal, dinamakan Akomodasi dan cetering (Accomodation and catering)
14.   B-S  Pendapatan dan harga tidak mempengaruhi permintaan Pariwisata
15.   B-S  Pariwisata akan berjalan dengan baik apabila hubungan demand pariwista (sebagai seseorang/kelompok orang yang akan dan melakukan perjalanan wisata dari daerah lain atau negara lain) dengan suplay pariwisata (sebagai negara/daerah yang menerima, melayani wisata) berjalan dengan baik
16.   B-S  Dalam manajemen diperlukan alat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan yang dikenal dengan dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets, dalam manajemen pariwisata Nagera Asal Pengunjung termasuk alat dari unsur “Markets
17.   B-S  Yang melakukan wisata, secara ekonomi merupakan orang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan ekonomi yang baik (kemakmuran/kesejahteraan lebih) serta orang-orang yang memiliki kesibukan yang ekstra tinggi dalam lingkungan kebisingan kota
18.   B-S  pengeluaran oleh wisatawan untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mencapai kepuasan, dalam pengeluaran dan pembelanjaannya akan mendatangkan peningkatan penerimaan pajak dan retribusi (Tax Revenue) bagi suatu Negara atau daerah
19.   B-S  Pintu Gerbang Wisata Indonesia bagian Barat yang terdekat dengan DTW Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh adata Bandara Internasional Minang Kabau atau Minangkabau International Airforce
20.   B-S  Pembangunan pariwisata harus didasarkan pada kriteria keberlanjutan yang artinya bahwa pembangunan dapat didukung secara ekologis dalam jangka panjang sekaligus layak secara ekonomi, adil secara etika dan sosial terhadap masyarakat” (Piagam Pariwisata Berkelanjutan, 1995)
21.   B-S  Masyarakat tempatan (Community based Tourism Development ), kondisi masyarakat sekitar DTW menjadi peranan penting, dalam kontek pembanguan ekonomi kerakyatan, sehingga peran aktif mereka selaku pelaku pariwisata dalam memberikan pelayanan sangat penting dalam mengoptimalkan pelayanan prima (Sapta Pesona) sekaligus selaku pelaku bisnis pariwisata
22.   B-S  Pariwisata disebut sebagai katalisator pembangunan dapat mendukung perekonomian Negara dengan efek negative yang sangat kecil
23.   B-S  Pariwisata, diakui sebagai sebuah Industri besar (the world's largest industry) yang tidak menghasil polusi, mendatangkan devisa negara, lapangan kerja, multiplier effect yang besar
24.   B-S  wisata masal (Masstourisme), lebih banyak menguntungkan pengusaha besar
25.   B-S  Wisata masal (Masstourisme) lebih memiliki pengaruh social yang negatif bagi masyarakat sekitar obyek wisata antara lain (1) Degradasi identitas social dan nilai tradisional masyarakat local, (2) Benturan budaya, (3) stress social akibat perubahan fisik, (4)Isu mengenai etika dalam pergaulan masyarakat
26.   B-S  Yang menjadi andalan Pariwisata Kerinci dan Kota Sungaipenuh adalah Wisata Alam dan Budaya
27.   B-S  Typologi wisatawan ke ODTWA di Kerinci adalah gabungan  allocentris dan psycocentris
28.   B-S  Pariwisata Kerinci berorientasi pada Wisata masal (Masstourisme)
29.   B-S  Dalam rangka pengembangan pariwisata Kerinci (Kab Kerinci/Kota Sungaipenuh), yang dikaitkan dengan FMPDK harus dilakukan langkah-langkah strategis antara lain Marketting research, situational analysis, market target, tourism promotion, pemberdayaan masyarakat dan swasta

III.           Pilihan Berganda
Pilih dan Silanglah  jawab yang kamu nilai benar dan tepat diantara jawaban (a), (b), (c), atau (d) dalam pertanyaan dibawah ini

1.     kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata, menyediakan atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata dan usaha lain yang terkait di bidang kepariwisataan, dinamakan (a). Pariwisata. (b). Wisata.  (c). Wisatawan. (d). Wisman
2.     kegiatan ekonomi dalam bentuk penyediaan barang dan jasa secara langsung dan atau tidak langsung untuk mencukupi kebutuhan wisatawan dalam perjalanan, melalui kontak dengan wisatawan, dinamakan (a). Industri. (b). Home Industri.  (c). Industri Pariwisata. (d). Pariwisata
3.     Kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, atau sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama untuk berwisata, dinamakan (a). Biro Perjalanan. (b). Jasa Biro Perjalanan Wisata. (c). Perjalanan Wisata   (d). Pariwiasata
4.     Dalam Pariwisata, Pemerintah lebih berfungsi sebagai (a) Pelaku, (b) Regulator, (c) Fasilitator, (d) b dan c betul
5.     Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam disingkat dengan (a) ODTWA, (b) ODDTWA, (c) ODTW, (d) ADDTWA
6.     Dalam Pariwisata, polusi membuat seseorang mengalami kejenuhan, dan menghilangkan semangat kerja, sehingga untuk mengembalikan semangat dan motivasi kerja perlu diadakan suatu bentuk kegiatan yang dapat mengembalikan kondisi lebih baik yaitu dengan melakukan (a) wisata, (b)  kerja, (c) ke hutan, (d) kerja
7.     Yang mendorong manusia bertindak untuk sesuatu tujuan, termasuk untuk berwisata disebut (a). Motivator.   (b). Motiarasi.  (c). Motivasi   (d). Mativasi
8.     Dalam motivasi wisata 5 P antara lain adalah polusi kecuali,  (a) Udara, (b) Air, (c) Pandangan, (d) uang
9.     Pola Konsumi wisata saat ini lebih focus  pada (a) sun-sea, sand, and sex, (b) kreasi budaya (culture) dan peninggalan sejarah (heritage) serta nature, (c) a dan b salah, (d) a dan b betul
10. Rohnya Pariwisata Indonesia adalah (a) cultural, (b) nature, (c) Heritage, (d) a dan c betul Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan wisatawan (Tourist Demand) antara lain (a). Hubungan politik.  (b). Kebijakan Pemerintah), (c). nilai tukar (Foreign exchange). (d). betul semua
11. Sejumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual ke pasar, dengan harga tertentu dalam pariwisata dinamakan (a) Demand (permintaan), (b) Suplay (penawaran), (c) a dan b betul, (d) a dan b salah
12. Pemberian informasi dan nasihat, reservasi, karcis dan vouchers, Penukaran uang, Pakaian berpergian dan peralatan Travel dalam pelayanan wisata dinamakan (a) Persiapan perjalanan ( Travel preparation), (b) Pergerakan (Movments), (c) a dan b betul, (d) a dan b salah
13. Sejumlah orang yang memenuhi syarat minimal untuk melakukan perjalanan wisata, karena mempunyai banyak uang, keadaan fisik masih kuat, hanya belum mempunyai waktu luang, dinamakan (a) Potential Demand (potensi permintaan), (b) aktive demand, (d) actual demand (permintaan nyata)
14. Perjalanan wisata ke suatu tempat atau Negara, dapat dilakukan apabila pada antara negara asal dan tujuan sama dalam hal (a) disposable income (pendapatan disposable)[1], (b) social economy, (c) politic conditions (d) semua betul
15. barang-barang ekonomi yang ditawarkan yang mungkin dapat dicapai pada waktu tertentu, atau jumlah barang-barang dan jasa yang tersedia di pasar, yang meliputi semua wilaya atau daerah tujuan wisata, yang meliputi daya tarik alam (nature) dan hasil ciptaan manusia (man – made), barang-barang dan jasa (goods and services) yang dapat mendorong orang-orang untuk berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata, dinamakan (a) Penawaran (suplay) atau tourisme supaly, (b) Tourisme Demand, (c) a dan b betul, (d) a dan b salah
16.          Dampak postif dari kegiatan Pariwisata antara lain adalah (a). Meningkatkan pendapatan Nasional (National Income), (b) Kesempatan kerja dan memperkecil penggangguran. (c). Peningkatan penerimaan pajak dan retribusi  (Tax Revenue). (d). (semua betul)
17.          Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan wisatawan (Tourist Demand) antara lain (a). Pendapatan (In-come).  (b). Harga (price), (c). nilai tukar( Foreign exchange). (d). betul semua
18. Secara umum yang melakukan perjalanan wisata lebih di dominasi oleh kelompok (a) Kemampuan ekonomi yang baik, (b)  Kesibukan yang tinggi, (c) Kejenuhan kerja dalam kebisingan dan polusi kota untuk mendapatkan kemvbali kebugaran, (d) semua betul
19. Industri Pariwisata merupakan kegiatan ekonomi ................ (a) tidak banyak menghasil asap (the smokeless industry), (b) Sumber devisa Negara, (c) membuka lapangan kerja
20. Kegiatan Pariwisata merupakan kegiatan startegis, karena (a) sebagai sumber devisa setelah minyak dan gas bumi, (b) Hemat SDA, (c) bagian dari pengentasan kemiskinan, (d) betul semua
21. Pariwisata disebut sebagai katalisator pembangunan di Indonesia, karena (a) dapat mendukung perekonomian Negara, (b) efek negative yang sangat kecil, (c) menumbuhkan perekonomian lokal pada ODTW, (d) hemat lahan
22. Pengembangan Pariwisata di Indonesia harus berorientasi pada Pariwisata berkelanjutan, artinya adalah pariwisata  (a) didukung secara ekologis, (b) layak secara ekonomi, (c) a dan b betul, (d) a dan b salah
23. Untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan dengan dukungan sistem penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance) yang melibatkan partisipasi aktif  dan seimbang antara (a) pemerintah, swasta, dan masyarakat, (b) pemerintah, swasta, (c) pemerintah, dan masyarakat, (d) swasta, dan masyarakat
24. Dalam proses perencanaan pariwisata, haruslah berdasakan hal-hal antara lain (a) Inventarisasi dan identifikasi serta evaluasi, (b) menghitung pasaran wisata dan memproyeksikan, meperhatikan permintaan (demand), serta persedian (suplay), Analisis investasi, (c)Perlindungan terhadap ODTW, (d) betul semua\
25. Pariwisata, diakui sebagai sebuah Industri besar (the world's largest industry) karena (a)  tidak menghasil polusi, (b) mendatangkan devisa negara, lapangan kerja, (c) multiplier effect yang besar, (d) betul semua
26. Wisata yang bersifat Masstourism (Pariwisata masal atau umum), berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan sbb: (a), manfaat diterima secara ekonomi dan social bagi masyarakat local belum significant, (b) masyarakat cenderung apatis, (c) menguntungkan pengusaha besar, (d) betul semua
27. Industri Pariwisata berkelanjutan, harus berorientasi pada (a) ecologis Oriented, (b) community economic development oriented, (c) loval culture friendly oriented, (d) betul semua
28. Wisata masal lebih memiliki pengaruh social yang negatif bagi masyarakat sekitar obyek wisata antara lain (a) Degradasi identitas social dan nilai tradisional masyarakat local, (b) Benturan budaya dan stress social akibat perubahan fisik, (c)  Isu mengenai etika dalam pergaulan masyarakat, (d) betul semua
29. Pariwisata berkelanjutan harus terintegrasi pada 3 dimensi yaitu (kecuali)..... (a) dimensi lingkungan, (b) dimensi ekonomi, (c) dimensi sosial dan budaya, (d) dimensi Ras
30. Yang menjadikan suatu ODTW/A yang baik dan menarik harus memperhatikan faktor (a) Scarcity (langka) dan Kealmiahan (Natulisme); (b) Keunikan (uniqueness) dan Pemberdayaan masyarakat (community empawerment); (c) Optimilasi lahan, (d) Betul semua
31. Sebuah perjalanan dianggap sebagai Perjalanan wisata apabila memenuhi (kecuali) (a)bersifat sementara, (b) bersifat sukarela dan tidak bekerja, (c) menghabiskan uang, (d) mencari uang
32. Kerinci (kabupaten Kerinci dan kota Sungai penuh) memiliki nilai-nilai ekowisata yang cukup potensial antara lain (a) kesejukan, keindahan alam, (b) keramah tamahan, budaya, (c) a dan b betul, (d) a dan b salah
33. ODTWA andalan Kerinci adalah (a) Gunung Kerinci, (b) gunung Tujuh, (c) Danau kerinci, (d) betul semua
34. Yang menjadi faktor penghambat pengembangan Pariwisata Kerinci (kabupaten Kerinci dan kota Sungai penuh) antara lain (a) Transportasi (b) SDM, (c) Political will, (d) betul semua
35. Typologi wisatawan yang datang ke ODTWA Kerinci adalah (a) Allocentris, (b) psycocentris, (d) Middle-centris, (d) betul semua
36. Kerinci (kabupaten Kerinci dan kota Sungai penuh) lebih tepat dikembangkan menjadi wisata bersifat (a) Masstourism (Pariwisata masal atau umum), (b) Wisata minat Khusus, (c) Ekowisata, (d) b dan c betul
37. Industri Pariwisata berkelanjutan di Kerinci, harus berorientasi pada (a) ecologis Oriented, (b) community economic development oriented, (c) local culture friendly oriented, (d) betul semua
38. Menurut anda Festipal Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK), dilaksanakan sebaiknya 1 kali dalam (a) 1 tahun, (b) 2 tahun, (c) 3 tahun, (d) 5 tahun
39. Dalam manajemen diperlukan alat (tool) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan yang dikenal dengan dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets, dalam manajemen pariwisata ODTWA termasuk alat dari unsur “Material”




[1] Pendapatan yang dibelanjakan untuk konsumsi sesuai dengan rumus Yd=C+S